Minggu, 21 Oktober 2012

Arti dan Maksud Sunnah Rasululullah - 1

"Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharapkan rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah" ( Al Ahzab: 21 )

Disunnahkan Saat Tidur, Miring ke Kanan

"Berbaringlah diatas rusuk sebelah kananmu" ( HR. Bukhari-Muslim )
1. Mengistirahatkan otak kiri
2. Mengurangi beban Jantung
3. Mengistirahatkan lambung
4. Meningkatkan pengosongan Empedu, Pankreas
5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi
6. Merangsang BAB
7. Mengistirahatkan kaki kiri

Disunnahkan Saat Makan dan Minum, Duduk

"Janganlah seorang diantara kalian minum sambil berdiri. Barang siapa yang lupa hal itu maka muntahkanlah. Lalu kami bertanya, Kalau makan?, Beliau bersabda; kalau makan sambil berdiri maka itu lebih buruk dan keji"
Dr. Ibrahim Ar-Rawi menyatakan bahwa manusia ketika berdiri dalam keadaan tertekan dan alat penyeimbang dalam syarafnya dalam keadaan sangkat aktif. Sehingga, ia melakukan kontrol penuh terhadap seluruh otot tubuh untuk melakukan keseimbangan dan berdiri tegak. Hal itu membuat manusia tidak mampu mendapat ketenangan dari organ tubuh yang berfungsi untuk aktifitas makan dan minum. Ketenangan ini hanya diraih manusia saat dalam kondisi duduk. Sebab, sejumlah otot dan syaraf dalam keadaan tenang dan santai, pancaindra normal, serta respon sistem pencernaan terhadap makanan dan minuman juga semakin baik.

Disunnahkan Saat Kencing, Duduk

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting dalam fungsinya yang begitu lengkap dalam filter darah dan jika terganggu maka akan menyebabkan banyak gangguan yang dapat menyebar kesaluran kencing .kandung kemih , prostat yang akhirnya dapt mengganggu kerja organ tubuh lainnya . Didalam Islam banyak diceritakan bagaimana menjaga ginjal ,saluran kencing dan kandung kemih agar tetap sehat. Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam banyak menunjukkan atau meriwayatkan dalam hadits . 
Nabi Muhammad menganjurkan agar kita minum air karena air sangat penting dalam ginjal, berolahraga sholat karena sholat dapat melatih organ ginjal agarmemaksimalkan fungsinya dalam memfilter darah, posisi kencing dengan jongkok ternyata sangat banyak faedahnya , pertama posisi jongkokmenyebabkan bentuk kandung kemih mendapat tekanan lembut dari otot abdominal perut dan otot paha dan otot – otot sekitar kandung kemih sehingga apabila kita kencing maka air kencing yang dikeluarkan dapat secara maksimal keluar tanpa harus kita mengejan untuk mengelurkan kencing tersebut. Tekanan pada kandung kemih otomatis akan menarik tekanan pada saluran kencing juga sehingga saluran kencing dapat secaramaksimal membantu ginjal mengeluarkan kencing dengan sempurna . posisi jongkok dapat memnbuang batu ginjal , kuman dan menyehatkan prostat juga karena faktor tekanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar